Profil Lulusan

By Admin prodi 03 Sep 2019, 09:42:21 WIB
  1. PROFIL LULUSAN

Dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan Profesi Bidan, tenaga lulusan profesi bidan mempunyai peran:

      1. Care Provider

Bidan  berperan sebagai pemberi asuhan kebidanan komprehensif dan profesional pada perempuan sepanjang siklus reproduksinya yang meliputi masa remaja, pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, Bayi baru lahir, bayi, balita, dan pra sekolah, pre menopause, kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana dengan melibatkan keluarga dan masyarakat sesuai kode etik profesi bidan.

      1. Communicator

Bidan mampu mengkomunikasikan kebijakan, advokasi, dan menyampaikan pemikiran atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi bidan serta menjadi agen pembaharu dalam pelayanan kesehatan

      1. Decision Maker

Bidan berperan sebagai pengambil keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan  strategis dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi perempuan, dan pelayanan kontrasepsi.

      1. Community leader

Bidan berperan sebagai penggerak dan pemberdaya masyarakat dalam peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak, Kesehatan reproduksi dan Keluarga Berencana dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya yang tersedia.

      1. Manager

Bidan berperan sebagai pengelola layanan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi dan Keluarga Berencana dengan memanfaatkan IPTEKS serta memperhatikan potensi sosial budaya dan sumber daya secara efektif dan efisien.

      1. Reseacher

Mampu melakukan penelitian dalam bidang kebidanan untuk menyelesaikan permasalahan dalam lingkup kebidanan serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi, sesuai dengan keahliannya, mampu  melakukan penelitian dalam bidang kebidanan  untuk menyelesaikan permasalahan dalam lingkup kebidanan serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi, sesuai dengan keahliannya.

      1. Activator of Women Empowerment

Mampu berperan sebagai penggerak pemberdayaan perempuan dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya yang dimiliki.