PELAKSANAAN STASE MANAJEMEN PELAYANAN KEBIDANAN PROFESIONAL (MPKP)
Mahasiswa Profesi Bidan Melaksanakan Stase Manajemen Pelayanan Kebidanan Profesional (MPKP)

By Admin prodi 17 Mei 2024, 15:53:09 WIB Aktivitas Akademik
PELAKSANAAN STASE MANAJEMEN PELAYANAN  KEBIDANAN PROFESIONAL (MPKP)

Keterangan Gambar : Kegiatan diseminasi akhir stase MPKP mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Bidan di RSUD Bangil pada 23 Juni 2024


Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan salah satu kebutuhan dasar yang diperlukan setiap orang. Untuk mendukung upaya kesehatan maka diperukan tenaga kesehatan yang bertugas melakukan pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai dengan bidang keahlian dan atau kewenangannya. Dengan adanya berbagai perubahan dalam regulasi dan makin berkembangna profesi kebidanan serta memperhatikan aspek legal yang terjadi dalam tatanan pelayanan kesehatan, maka perlu mempersiapkan lulusan Pendidikan Profesi Bidan yang berkualitas dan kompeten, bermoral tinggi, dan berkepribadian dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kebidanan bagi individu, keluarga dan masyarakat. Selain sebagai pelaksana pelayanan kebidanan, mahasiswa juga dituntut kompeten dalam bidang pengelolaan tatanan pelayanan kesehatan khususnya pelayanan kebidanan.

Organisasi pelayanan kesehatan rumah sakit merupakan organisasi jasa pelayanan kesehatan umum, yang sekaligus juga sebagai wahana praktek untuk memperoleh kompetensi mewujudkan bidan profesional yang mempunyai kemampuan sebagai leader (pemimpin) di tatanan pelayanan kesehatan. Untuk mewujudkan tuntutan di atas, maka pengalaman belajar mahasiswa pada praktikum manajemen pelayanan kebidanan profesional ini adalah pengelolaan pelayanan kebidanan melalui fungsi pokok dan unsur manajemen.

Praktik Stase Manajemen pelayanan kebidanan profesional (MPKP) Prodi Pendidikan Profesi Bidan ini dilaksanakan di rumah sakit wilayah kota Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kota Kediri, dan Kabupaten Jember pada 5-24 Juni 2023.

Stase MPKP ini dilaksanakan di ruang rawat inap. Kaprodi Pendidikan Profesi Bidan, Didien Ika Setyarini, S.Si.T., M.Keb dalam penutupan stase MPKP menyampaikan dengan implementasi stase MPKP diharapkan mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan mampu mengintegrasikan fungsi-fungsi kepemimpinan dan manajemen pada lingkup manajemen pelayanan dan manajemen asuhan kebidanan pada ruang rawat rumah sakit yang merupakan tatanan layanan kesehatan yang nyata. (*HRA)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment