Ceramah Ramadhan Online (CEMARA)
Ramadhan Berkah dengan Memetik Hikmah dibalik Pandemi

By Admin prodi 17 Agu 2020, 08:54:57 WIB Kemahasiswaan
Ceramah Ramadhan Online (CEMARA)

2020 merupakan awal tahun dihadirinya oleh Virus Covid-19 yang menjadi tokoh utama di tahun ini dengan membawa banyak perubahan. Mulai dari perekonomian masyarakat sampai tentang cara bersosialisasi antar manusia. Dalam hal ini pemerintah sudah turut andil dengan mengarahkan masyarakatnya untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB ini didefinisikan sebagai pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi tersebut.

Salah satu pembatasan kegiatan yang dibatasi yaitu kegiatan keagamaan yang dapat menghadirkan perkumpulan banyak orang. Keadaan yang bertepatan dengan Bulan Ramadhan ini sangat mengubah kebiasaan  masyarakat dan memengaruhi perilaku setiap orang. Jika biasanya kegiatan-kegiatan keagamaan dilakukan di masjid, mushola, surau, ataupun tempat umum lainnya, maka pemerintah menganjurkan agar kegiatan tersebut dilakukan di rumah saja. Seperti halnya kegiatan ceramah yang menghadirkan pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya juga harus menyesuaikan untuk melakukannya di rumah tanpa bertemu langsung. Hal ini direalisasikan masyarat dengan menggunakan media pertemuan berbasis online melalui aplikasi yang sudah banyak beredar.

Berkaitan dengan hal itu, Himpunan Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan dan Pendidikan Profesi Bidan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Malang mengadakan kegiatan Ceramah Ramadhan Online (CEMARA) yang dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2020. Kegiatan ini yang juga diselenggarakan dalam rangka memperingati Nuzulul Quran 1441 H, menggunakan salah satu aplikasi pertemuan online. Selain itu, sasaran peserta yang dapat mengikuti rangkaian acara CEMARA yaitu dari Mahasiswa Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang dan juga berlaku untuk masyarakat umum. Kegiatan CEMARA ini didasarkan pada Program Kerja Himpunan Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan dan Pendidikan Profesi Bidan Kebidanan Malang periode 2019-2020. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan semakin terciptanya penambahan wawasan di bidang keagamaan, serta memperkuat mental dan spiritual di tengah pandemi Covid-19 bagi peserta.

Kegiatan Ceramah Ramadhan Online (CEMARA) yang bertemakan “Ramadhan Berkah dengan Memetik Hi     kmah dibalik Pandemi” sangat mengajarkan kepada kita arti keberkahan yang dapat kita ambil di antara pandemi covid-19 yang sekaligus bertepatan pada Bulan Ramadhan. Berkah merupakan perihal menambah kebaikan dalam diri seseorang ataupun pada orang lain. Kita semua tahu bahwa waktu adalah pemberian Allah yang sangatlah penting. Oleh karena itu, waktu yang kita miliki saat pandemik ini akan menjadi berkah jika kita mengisinya dengan berbagai macam kebaikan. Kita harus mepergunakan waktu dengan sebaik mungkin dengan mengamalkan kebaikan. Berikut amal-amal berkah untuk mengisi waktu di tengah pandemi dan saat Bulan Ramadhan.

  1. Bangun Tidur (Membuka mata, Mengusap wajah)
  2. Berdoa setelah bangun tidur (supaya hal pertama yang kita lakukan mengingat Allah)
  3. Bersiwak (jika tidak ada kita bisa sikat gigi)
  4.  Istinsyaq (ambil air menggunakan tangan lalu di hisap kemudian dikeluarkan lewat hidung) bersihkan hidung 3x. Karena sesungguhnya setan bermalam di lubang hidung.
  5. Ketika waktu sahur banyaklah beristighfar dan juga membaca 60 ayat Al-Quran. Istighfar paling utama ialah diwaktu sahur (menjelang subuh).
  6. Sholat subuh berjamaah dan sholat sunnah sebelum subuh. Sholat subuh berjamaah pahalanya setara dengan sholat semalam suntuk atau sholat selama 10 jam.
  7. Dzikir pagi terlebih dahulu. Dzikir pagi ialah Dzikir dzikir yg dibaca ba’da sholat subuh. Jika dihubungkan dengan penangkal Covid 19, diantara dzikir pagi memiliki arti “Dengan nama Allah yang tidak ada yang bisa membahayakan di langit ataupun dibumi dan sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui”
  8. Sholat duha
  9. Membaca alquran sebagai obat segala penyakit, orang yang gemar membaca alquran bisa meningkatkan imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh.  Karena itu, kita harus meperbanyak membaca alquran.

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Nadya 10 Okt 2020, 20:30:34 WIB

    Alhamdulillah. Terima kasih, Bu. Ceramah dari Ustadz Reza kemarin sangat mudah dipahami dan dekat dengan kehidupan sehari hari. Materi ini juga bisa dijadikan peredam ansietas dalam menghadapi pandemi

View all comments

Write a comment