MEMPERINGATI HARI BIDAN NASIONAL

By Admin prodi 17 Agu 2020, 08:55:16 WIB Kemahasiswaan
MEMPERINGATI HARI BIDAN NASIONAL

Bidan adalah seorang pahlawan yang berperan dalam perjuangan sang ibu untuk melahirkan sang buah hatinya. Menurut Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Bidan merupakan seorang perempuan yang telah mengikuti dan lulus  dari program Pendidikan Bidan yang diakui negara, serta memiliki kualifikasi  dalam registrasi dan memiliki lisensi atau izin yang sah yang disebut STR.

Terbentuknya Hari Bidan Nasional berawal dari Konferensi Bidan pertama di Jakarta pada tanggal 24 Juni 1951 atas prakarsa para bidan senior yang berdomisili di Jakarta. Peringatan Hari Bidan untuk mengampanyekan peran penting Bidan dalam kehidupan manusia terutama yang berhubungan dengan persalinan dan juga kesehatan reproduksi. Memperingati Hari Bidan juga menghargai perjuangan atau pengabdian seluruh Bidan di seluruh Indonesia yang sudah membantu ibu melahirkan sang buah hati ke dunia, dan juga memberi semangat para Bidan dalam menjalankan tugas nya sebagai ‘’ Pahlawan’’ bagi ibu-ibu di Indonesia.

Berkenaan dengan peringatan Hari Bidan Nasional kami Himpunan Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan dan Pendidikan Profesi Bidan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang mengadakan kegiatan Lomba dan Webinar, kegiatan ini bertujuan supaya dapat lebih memahami dan menghargai profesi bidan, dapat memacu semangat untuk menambah wawasan supaya menjadi bidan yang profesional dikemudian hari, serta menumbuhkan semangat persaingan intelektual yang sehat dalam kegiatan lomba.

Kegiatan Lomba dan Webinar yang kami selenggarakan secara online. Kami mengadakan Lomba Desain Poster dan Lomba Essay dengan tema ‘’How To Deal With New Normal’’ sasaran lomba tersebut adalah Mahasiswa Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang dari Prodi DIII Kebidanan Malang dan Sarjana Terapan dan Pendidikan Profesi Bidan Kebidanan Malang. Pada tanggal 20 Juni - 28 Juni 2020 akan dibuka pendaftaran dan pengumpulan karya, pada tanggal 29 Juni - 1 Juli Juri memberi penilaian karya Lomba Desain Poster dan Lomba Essay, dan pada tanggal 3 Juli 2020 akan diumumkan pemenang Lomba Desain Poster dan Lomba Essay dikegiatan kedua kami yaitu Webinar. Lomba akan di delegasikan ke lomba GSM-EXI III.

Pada situasi sekarang pandemi Covid-19 semua aktivitas berubah drastis seperti biasanya seperti yang dulunya perkuliahan secara offline atau datang ke kampus karena pandemi Covid-19 perkuliahan diselenggarakan secara online yang atau mengikuti perkuliahan di rumah, maka karena pandemi Covid-19  ini kita mengangkat tema ‘‘Manajemen Perubahan Psikologi Mahasiswa di Tengah Covid-19 dan Menuju Era New Normal’’. Webinar ini akan diselenggarakan pada tanggal 3 Juli 2020 pada pukul 08.30- Selesai. Untuk kegiatan Webinar kami menghadirkan empat pemateri yaitu dua pemateri dari Mahasiswi Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, pemateri dari Ketua Jurusan Prodi Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang dan pemateri luar dari Brunei Darussalam. Pemateri pertama dibawa oleh Yurenda Aurelia Beautifanny Hartono dengan tema yang akan di sampaikan ‘‘Young generation as the Agent of Change in a Changing World’’,  Pemateri kedua dibawa oleh Elsa Wulandari dengan tema ‘‘New Normal dalam Prespektif Mahasiswa’’, pemateri ketiga yaitu Ibu Herawati Mansur,SST.,M.Pd.,M.Psi dengan tema ‘‘ Manajemen kecemasan Mahasiswa Menuju Era New Normal’’,  dan pemateri keempat webinar kami yaitu Ibu Nor Syaimaa Haji Selamat dari Brunei Darussalam dengan Tema ‘‘Non-Academic Activity During Covid-19 Pnademic in Brunei’’.

Didalam terlaksananya kegiatan pastinya memiliki hambatan, baik hambatan dari dalam maupun luar. Sebagai Mahasiswi Kebidanan sangat penting dalam memperingati Hari Bidan Nasional untuk mengembangkan semangat seluruh Bidan di Indonesia dalam menjalankan tugas, maka dari itu kami Himpunan Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan dan Pendidikan Profesi Bidan Kebidanan Malang berusaha semaksimal mungkin dalam memperingati Hari Bidan Nasional dengan baik. Segala hambatan yang dialami dalam pelaksanaan Webinar dan Lomba dapat menjadi evaluasi dan penyempurnaan kegiatan Webinar dan Lomba di masa depan.

       

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, instagram, youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Website Prodi memberikan informasi yang anda butuhkan?
  Ya
  Tidak

Komentar Terakhir

  • Izzah

    Seminar yang di selenggarakan sangat ...

    View Article
  • Nadya

    Alhamdulillah. Terima kasih, Bu. Ceramah dari Ustadz Reza kemarin sangat mudah dipahami dan dekat ...

    View Article
  • Sania

    Alhamdulillah bermanfaat ilmunya menambah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video