TEKNOLOGI DALAM KEDOKTERAN OBSTETRI DAN GINEKOLOGI

By Admin prodi 13 Feb 2020, 16:29:47 WIB Artikel Ilmiah
TEKNOLOGI DALAM KEDOKTERAN OBSTETRI DAN GINEKOLOGI

TEKNOLOGI DALAM KEDOKTERAN OBSTETRI DAN GINEKOLOGI

        Perkembangan teknologi dan alat kesehatan ini bertujuan sebagai penunjang para dokter dalam melakukan tugasnya agar memberi kemudahan supaya dapat memberikan hasil terbaik bagi pasien. Metode Robotic Surgery diharapkan dapat menunjang dan mengarahkan lebih detail terhadap tindakan yang perlu di lakukan.  

          Dr. Cepi Teguh P, Sp. OG selaku Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Rumah Sakit Evasari Awal Bros Jakarta mengatakan bahwa Metode Robotic Surgery adalah sistem pembedahan minimal invasif dengan menggunakan “lengan” robot yang dikontrol dan diprogram oleh ahli Bedah, untuk membantu dalam memposisikan dan manipulasi instrumen bedah sehingga dapat melakukan gerakan yang rumit.

        Keunggulan Robotic Surgery yaitu pasien bisa mendapatkan perbaikan klinis yang lebih baik pasca operasi dengan lama rawat lebih singkat, nyeri lebih teratasi, perdarahan lebih sedikit, resiko infeksi lebih rendah, dan jaringan parut yang terbentuk lebih sedikit. Dalam bidang obgyn metode robotic surgery yang bisa dilakukan adalah histerektomi total dan radikal, miomektomi dan kistektomi, reanastomosis Tuba.

         Selain itu, ultrasonografi (USG) merupakan salah satu teknologi yang membantu dokter melihat kondisi organ tubuh atau janin pada ibu hamil. Kini teknologi USG 4D yang terkini bahkan dapat menunjukkan gerakan janin, seperti gerakan jari, kepala, hingga denyut jantung sehingga memudahkan dokter dalam mengidentifikasi setiap masalah pada kandungan.

       Perlu ditekankan, pemeriksaan USG bukan menggunakan sinar X atau mekanisme radiasi lainnya, melainkan menggunakan teknik gelombang suara ultra. USG 4D merupakan kumpulan gambar USG 2D. Jika USG 2D hanya mengambil satu gambar pada irisan tertentu, USG 4D mengambil satu volume yang merupakan kumpulan banyak irisan USG 2D dari tiga sudut.

       Kamera untuk USG didukung teknologi high definition (HD) sehingga pencitraan semakin jelas. Teknologi full HD juga kerap digunakan dalam tindakan koreksi dalam menjaga kesehatan lutut.

 

 

 

Referensi

http://awalbros.com/kebidanan-dan-kandungan/metode-robotic-surgery/ 

http://koran-sindo.com/page/news/2016-12-16/4/7/Inovasi_Teknologi_Medis_Masa_Ke_Masa




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment