Visi dan Misi

By Admin prodi 03 Sep 2019, 09:30:48 WIB

VISI, MISI, NILAI-NILAI, SASARAN, DAN STRATEGI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN

JURUSAN KEBIDANAN MALANG POLTEKKES KEMENKES MALANG

TAHUN 2020 - 2024

 

DASAR HUKUM PENDIRIAN PRODI:

Kepmenristek Dikti RI No. 391/KPT/I/2018 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi pada Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang di Kota Malang yang Diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan.

 

A. VISI

“Menghasilkan lulusan bidan profesi yang beradab dan berdaya saing global dalam Pemberdayaan Perempuan di Keluarga dan Masyarakat di Tingkat Nasional pada tahun 2024”

B. MISI

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi Vokasi dan Profesi Kebidanan yang beradab, inovatif dan berdaya saing global di bidang Kesehatan Ibu dan Anak yang berbasis Pemberdayaan Perempuan 
  2. Mengembangkan produktivitas penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat Lingkup Kesehatan Ibu dan Anak yang berbasis Pemberdayaan Perempuan yang berkualitas, inovatif dan mengembangkan Publikasi Ilmiah yang bereputasi
  3. Mengembangkan tatakelola organisasi yang baik berbasis Teknologi Informasi.
  4. Mengembangkan kerjasama dan produktivitas kemitraan dalam negeri dalam pelaksanaan Tri Dharma PT
  5. Mengembangkan kerjasama dan produktivitas kemitraan dengan luar negeri dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Melaksanakan Tata Kelola Organisasi yang Kredibel, Transparan, Akuntabel, Bertanggung Jawab, dan Adil.
  7. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sumber Daya Manusia yang Profesional dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi

 

C. Nilai-Nilai

C (Committed)     : Menanamkan komitmen untuk bersama-sama mencapai visi,misi, dan tujuan Prodi

I (Innovative)        : Menciptakan inovasi dan kreatifitas dalam bekerja, pendidikan dan pelayanan kesehatan ibu dan anak

T (Transparency) : Melakukan transparansi informasi dalam proses belajar mengajar dan tata kelola

R (Responsive)    : Tanggap terhadap kebutuhan lingkungan sekitar sehingga tercipta atmosfir yang positif dan mendukung budaya  kekeluargaan dan kekompakan.

A (Adaptable)       : Mampu bekerja dalam berbagai macam situasi dan keragaman sumber daya dengan tetap memenuhi standar minimal yang ditetapkan.

 

D. SASARAN DAN STRATEGI

Tujuan

Sasaran

Strategi

  1. Terselenggaranya program pendidikan tinggi profesi bidan sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 7, dan Standar Profesi Bidan, didukung teknologi informasi serta sistem penjaminan mutu dalam mengintegrasikan pemberdayaan perempuan dan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Meningkatnya Kualitas dan Kuantitas Calon Mahasiswa

 

 

  1. Penerimaan mahasiswa melalui jalur prestasi (PMDP)
  1. Penerimaan mahasiswa melalui jalur uji tulis dan mandiri
  1. Penerimaan mahasiswa melalui jalur Bidikmisi
  1. Meningkatnya Kegiatan Kemahasiswaan sebagai Upaya Membentuk Sikap dan Kepribadian yang Berkarakter dan Unggul

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pelatihan dasar kepemimpinan
  1. Pembentukan organisasi kemahasiswaan
  1. Pembentukan dan pembinaan UKM
  1. Mengadakan/mengikuti kompetisi tingkat nasional dan regional
  1. Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Mahasiswa
  1. Pemilihan mahasiswa berprestasi
  1. Pemberian beasiswa
  1. Bimbingan akademik/konseling
  1. Bimbingan rohani
  1. Terselenggaranya Kegiatan Akademik Sesuai dengan SNPT, KKNI, dan Standar Profesi Bidan yang Ditunjang dengan Sistem Informasi Akademik
  1. Menyelenggarakan kegiatan akademik sesuai SNPT, KKNI, dan standar profesi bidan

 

  1. Dosen terpapar metode penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk melakukan penelitian dengan topik pemberdayaan perempuan

 

  1. Menyiapkan sistem layanan akademik berbasis teknologi informasi

 

  1. Melaksanakan monitoring,  evaluasi dan pelaporan akademik

 

  1. Melaksanakan sistem penjaminan mutu internal (SPMI)

 

  1. Melaksanakan proses akreditasi institusi/PS LAM-PT-Kes (SPME)
  1. Meningkatnya Kualitas Lulusan

 

 

  1. Menyiapkan mahasiswa dalam kegiatan akhir program
  1. Menyiapkan lulusan dalam menghadapi uji kompetensi
  1. Memfasilitasi lulusan di pasar kerja dengan program  JPC
  1. Meningkatnya Peran Serta dan Kerjasama dengan Alumni

 

 

  1. Tracer study kepada stakeholder dan alumni
  1. Mengundang alumni dalam kegiatan institusi
  1. Mengakomodasi pertemuan alumni
  1. Terlaksananya penelitian terapan lingkup kesehatan ibu dan anak yang berbasis pemberdayaan perempuan dan mengembangkan publikasi ilmiah yang bereputasi.

 

 

 

 

 

 

 

  1. 1. Meningkatnya jumlah dan kualitas penelitian terapan di bidang kebidanan  dalam lingkup Kebidanan.
  1. Penyediaan anggaran DIPA untuk penelitian pemula
  1. Penyediaan anggaran DIPA/ dana hibah/BOPTN untuk penelitian hibah bersaing
  1. Penyediaan anggaran DIPA/ dana hibah/BOPTN untuk penelitian unggulan
  1. Penyediaan anggaran DIPA/ dana hibah/BOPTN untuk penelitian program kreativitas mahasiswa Poltekkes (PKM-P)
  1. 2. Meningkatnya jumlah dan kualitas publikasi ilmiah di bidang kesehatan dalam lingkup Kebidanan.

 

 

  1. Pemberian insentif pada dosen yang menerbitkan buku ber ISBN
  1. Pemberian insentif pada dosen yang menulis di jurnal nasional terakreditasi dan internasional yang bereputasi
  1. Mempublikasikan hasil penelitian atau kajian ilmiah dalam jurnal pendidikan kesehatan, jurnal keperawatan terapan & jurnal informasi kesehatan di Poltekkes Malang, serta jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.
    1. 3. Diperolehnya hak atas kekayaan intelektual/hak paten hasil karya di bidang kesehatan
    1. Memfasilitasi pengusulan hak kekayaan intelektual dan hak paten hasil karya dosen ke Menkum-HAM.
  1. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian dalam lingkup kesehatan ibu dan anak yang berbasis pemberdayaan perempuan.

 

 

Meningkatnya jumlah dan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan ibu dan anak yang berbasis pemberdayaan perempuan.

 

 

  1. Melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat
  1. Melaksanakan kegiatan pelatihan teknis/keterampilan kepada masyarakat
  1. Melaksanakan kegiatan penerapan teknologi tepat guna/pelayanan kesehatan  kepada masyarakat

 

  1. Meningkatnya kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana kegiatan tridharma perguruan tinggi.

 

 

 

 

 

 

Meningkatnya Sarana dan Prasarana Pendidikan Sesuai dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi

 

 

 

 

 

 

 

  1. Menyediakan ruang kelas dan sarana PBM yang memadai
  1. Menyediakan ruang dosen yang memadai
  1. Menyediakan sarana ruang perkantoran/administrasi  yang memadai
  1. Menyediakan sarana ruang laboratorium dan peralatan /bahan sesuai dengan standar minimal/sesuai rasio jumlah alat dengan jumlah mahasiswa
  1. Menyediakan sarana perpustakaan dan koleksi buku serta jurnal penelitian yang memadai
  1. Menyediakan sarana penunjang lainnya: lapangan olah raga, tempat ibadah, klinik, kantin, gazebo yang memadai

 

  1. Menyediakan sarana internet (Wi-fi) di seluruh area kampus yang memadai
  1. Terlaksananya pengembangan kerjasama nasional dan internasional dalam bidang tridharma perguruan tinggi.

 

 

 

1. Meningkatnya Kerjasama Nasional dan internasional dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi

 

 

 

  1. Melakukan kerjasama dengan lembaga layanan kesehatan di regional atau nasional
  1. Melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan kesehatan dan non kesehatan di tingkat regional/nasional/internasional
  1. Melakukan kerjasama dengan lembaga pemerintah daerah (propinsi, kota/kabupaten, di tingkat regional atau nasional)
  1. Melakukan kerjasama dengan lembaga independen di tingkat regional atau nasional
  1. Terlaksananya tata kelola organisasi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil.

 

 

 

 

 

  1. Organisasi dan manajemen
  1. Implementasi Layanan Prima (semua layanan manajemen harus berbasis layanan prima, mengukur indeks kepuasan masyarakat untuk mengukur pencapaian layanan prima)
  1. Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan/Layanan

 

 

 

 

  1. Peningkatan Layanan Akademik
  1. Peningkatan Layanan Beasiswa
  1. Peningkatan Layanan Keuangan
  1. Peningkatan Ketersediaan Sarana dan Prasarana
  1. Peningkatan Seminar Nasional dan Internasional
  1. Meningkatnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang profesional dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas Dosen

 

 

 

 

  1. Pendidikan berkelanjutan
  1. Penambahan jumlah dosen sesuai dengan kualifikasi
  1. Sertifikasi dosen
  1. Pengangkatan dosen ke dalam jabatan fungsional
  1. Pelatihan/workshop/ seminar
  1. Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas Tenaga Kependidikan

 

 

    1. Pendidikan berkelanjutan
    1. Pelatihan teknis
    1. Penambahan jumlah tenaga kependidikan sesuai dengan kualifikasi