RELAWAN PENANGGULANGAN COVID-19

By Admin prodi 16 Apr 2020, 20:13:37 WIB Berita
RELAWAN PENANGGULANGAN COVID-19

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh..

Nama saya Vilia Ayu Kumalasari, mahasiswi semester 8 dari Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Malang. Melalui tulisan ini, saya akan sedikit berbagi tentang pengalaman saya saat bergabung dalam Satgas Covid-19 di Desa Sumberejo Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Seperti yang kita ketahui saat ini, di Indonesia sedang dilanda wabah “Virus Corona” yaitu sebutan untuk jenis virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia. Virus corona terbaru yang ditemukan di Wuhan pada bulan Desember 2019 diberi nama SARS Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease 2019 atau yang biasa disebut dengan COVID-19. Kejadian COVID-19 terus meningkat dan menyebar di beberapa provinsi di Indonesia. Sehingga diperlukan pencegahan dan penanganan lebih lanjut agar penyebaran virus corona tidak semakin meluas. Dalam pencegahan ini, Pemerintah Indonesia telah mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 dengan mengurangi aktivitas di luar rumah dan tidak keluar rumah apabila tidak ada keperluan mendesak.

Menindaklanjuti dari keputusan Pemerintah Indonesia, Pemerintah Desa Sumberejo Kecamatan Pagak Kabupaten Malang telah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi relawan dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Relawan yang tergabung dalam Satgas Covid-19 terdiri dari pemuda-pemudi dan tokoh masyarakat. Saya bergabung dalam Satgas Covid-19 Desa Sumberejo sejak tanggal 24 Maret 2020. Pada tanggal tersebut, saya mengikuti kegiatan sosialisasi tentang pencegahan virus corona kepada masyarakat bersama dengan Bapak Kepala Desa, Perawat dan Bidan Desa, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK dan anggota, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas dengan memberikan informasi secara keliling dan memberikan leaflet ke rumah-rumah warga. Selain itu, saya tergabung dalam petugas jaga Posko Siaga Covid-19 Desa Sumberejo. Sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh koordinator, di posko tersebut saya didampingi oleh perawat dan bidan desa untuk melakukan screening kepada pendatang atau pemudik yang datang dari luar wilayah dengan melakukan anamnesa, pemeriksaan suhu, dan KIE agar melakukan isolasi diri di rumah.

Pada hari tertentu, terdapat kegiatan penyemprotan desinfektan di rumah warga dan pembagian masker. Penyemprotan dilakukan oleh petugas Satgas Covid-19 yang sebelumnya dilakukan pemeriksaan Tanda-tanda Vital terlebih dahulu. Saat petugas Satgas Covid-19 melakukan penyemprotan, saya bersama Ibu Ketua Tim Penggerak PKK beserta anggota, dan salah satu anggota DPRD Kabupaten Malang melakukan pembagian masker untuk digunakan masyarakat saat keluar rumah. Seluruh kegiatan dalam rangka pencegahan Covid-19 ini dilakukan dalam pengawasan Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Harapan saya, semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat melakukan kegiatan seperti biasanya.

Demikian sedikit cerita pengalaman saya selama bergabung dalam Satgas Covid-19 Desa Sumberejo Kecamatan Pagak Kabupaten Malang yang dapat saya bagikan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh..




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment